Selasa, 25 Oktober 2011

Nonosoft Khot v2.0.3 (ISO) + Serial


Nonosoft Khot, merupakan program editor teks khusus yang digunakan untuk menulis dengan font Arab yang disertai tanda harokat (fatha, kasra, domma, tasdid, sukun, dsb). Sebelumnya telah ada beberapa program dengan tujuan yang sama, misalnya keluarga Microsoft Office pada Windows Arabic (3.1 atau 95) atau program-program lainnya yang berjalan di lingkungan Windows standar (non Arabic). 
Tetapi pada beberapa program tersebut masih ditemukan beberapa kesulitan untuk menulis kata-kata dengan font Arab secara cepat, karena terpisahnya antara huruf dengan harokatnya serta terdapat beberapa karakter khusus yang tidak dapat dipakai dengan menekan tombol keyboard secara langsung. Dan bagi yang sudah terbiasa menggunakan keyboard standard akan menemui kesulitan jika harus menghafalkan tombol keyboard yang terdapat pada Windows Arabic. 
Software NS-Khot sebenarnya ditujukan sebagai pembantu program pengolah kata standar (Microsoft Office, Amipro, Wordpad, dsb.) ataupun program-program lainnya yang mempunyai kemampuan untuk proses copy/paste format RTF (Rich Text Format). Juga dilakukan penambahan beberapa harokat yang belum ada pada program-program sebelumnya serta ditambahkan pula fasilitas penyisipan tanda waqof maupun nomor ayat.
Untuk keyboard mapping disediakan tiga pilihan mode, yang pertama adalah mode Pemula (Urut), huruf-huruf hijaiyah dimapping berurutan pada keyboard dari kanan ke kiri mulai dari alif sampai ya'. Mode kedua adalah mode standar, sebagian besar huruf hijaiyah disesuaikan bacaannya dengan huruf yang ada pada keyboard standar, misalnya huruf tombol 'f' untuk fa', huruf 'k' untuk kaf, 'a' untuk alif dan seterusnya. Dan ini adalah mode yang paling mudah penghafalannya bagi Anda yang terbiasa dengan keyboard standar. Kemudian yang terakhir adalah mode Arabic, dimana letak huruf-huruf hijaiyah disesuaikan dengan Windows Arabic. Jadi bagi Anda yang sudah lama memakai Windows Arabic InsyaAllah tidak akan kebingungan dengan letak huruf-huruf pada NS-Khot ini.
Fasilitas dari software NS-Khot ini yang 'membedakan' dengan Arabic Word Processor lainnya adalah kemampuannya untuk mengganti beberapa karakter secara otomatis sehingga huruf-huruf yang tampil menjadi lebih 'alami', mirip tulisan tangan manusia. Misalnya pada kalimat Ar Rohman pada surat Al Fatihah diatas yang huruf ha'-nya agak naik. Serta kalimat 'aalamiin yang mana huruf ya'-nya juga agak naik. InsyaAllah setelah menggunakan NS-Khot ini Anda tidak perlu untuk mencopy-paste karakter-karakter khusus dari program Character Map. Jadi pengetikan dapat dilakukan lebih cepat.
"Tiada gading yang tak retak", kata seorang pujangga. Dibanding dengan Arabic Word Processor pendahulunya, seperti MS Office Arabic, NS-Khot memang masih banyak kekurangan, misalnya masalah spelling, grammar, hanya mempunyai satu jenis "model font", dan beberapa proses pengeditan serta justify harus dilakukan secara manual. Tetapi InsyaAllah, NS-Khot juga mempunyai fasilitas-fasilitas yang tidak disediakan di program Arabic Word Proccessor lainnya. Dan dari segi kemudahan pemakaian serta tampilan huruf, NS-Khot InsyaAllah lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...